Friday, July 21, 2006

Harga Sebuah Rasa Cinta Negara

Apakah kita cinta akan negara kita sendiri??

Gue rasa itu semua pertanyaan yang harus direfleksikan terhadap diri kita masing-masing. Idealis memang udah jadi bagian diri gue. Banyak orang bilang, wajar aja kalo orang Indonesia ga cinta negaranya sendiri. Gue sih setuju, apalagi kaum inteleknya pun ga punya rasa cinta Indonesia. Kesel banget kalo ngeliat perilaku dan sikap yang melecehkan bangsa dan negara sendiri dimunculkan dengan begitu bangganya. Kadang kita lupa, bahkan tidak tahu berapa besar utang kita buat negara ini. Walaupun gue tergolong kaum minoritas (pernyataan kasarnya: lahir di suku yang salah dan memeluk agama yang salah), gue tidak merasa benci dengan negara Indonesia. Yang gue benci itu orang-orang yang berlaku seenaknya yang ada di dalam negara ini.

Kenapa gue nulis hal ini?? Soalnya gue kesel banget sama orang-orang dengan KTP warga negara Indonesia tapi begitu senangnya mentertawakan lagu-lagu kebangsaan Indonesia. Gue ga masalah kalo mereka mau mentertawakan lagu-lagu yang dinyanyikan. Tapi kalo mereka tertawa atas lagu Indonesia Raya, Garuda Pancasila, dan lagu-lagu sejenis lainnya, eitt... tunggu dulu kawan. Gue ga bisa terima kalo lagu-lagu itu ditertawakan. Rasanya gue pengen nepok kepala orang-orang itu terus ngomong: "Woii... lo sadar ga warga negara lo apa?? Sadar ga lagu apa yang lo ketawain??".

Kesal rasanya saat gue ga bisa berlaku apa-apa dan cuma terdiam. Kesal rasanya saat gue melihat orang lain tidak perduli dengan masalah ini. Apa memang harga sebuah rasa cinta negara itu serendah ini??

6 comments:

Aribowo said...

well... setuju sekali kalo rasa cinta negara indonesia itu masi amat sangat dibawah garis wajar dan minim... karena tidak berusaha di tanamkan dari dini, masalah nya pelajaran sejarah yang dulu musti gua hapal dan pelajaran PMP/PPKN itu kayaknya hafalan, kurang ada penerapan nya jadi orang males, setikdak nya bisa ngak kalo di rombak menjadi fun semua pelajaran itu, apa lagi setelah tau pelajaran sejarah yang tau2 nya boong, setelah nonton dokumentasi SBS ttg g30S-PKI yang nyata2nya its a classified document on american history...apa mungkin karena rakyat secara tidak langsung di bohongin jadi sekarang ini lagi pada mau bebas....dan harus gua akui pemerintahan dulu ngak jelek, cuma sayang nya kurang terbuka, kalo sekarang... hukum nya kurang tegas...

Unknown said...

Kalo bisa dibikin gampang, kenapa harus dibikin susah??

Tapi hampir semua orang Indonesia mikirnya:
Kalo bisa dibikin susah, kenapa harus dibikin gampang??

Lisiani said...

ari: gue sempet mikir, sekarang pelajaran sejarah anak2 gitu diajarin apa yach.. Semakin lama kayaknya semakin terkuak berbagai 'kebohongan' yang ternyata menjadi sejarah negara kita.

dee: apakah negara mencintai masyarakat nya?
Hhhmm apa yach..gue pribadi ngerasa selama ini approach pemerintah ke masyarakat nya masih minim banget. Segala keputusan yang membawa embel2 "demi kebaikan masyarakat", nyata nya malah semakin menjerumuskan sebagian besar masyarakat nya..

Unknown said...

Hehe.. masalah sejarah gue ga yakin juga tuh kalo sejarah negara-negara di luar Indonesia juga ga bohong.

Apa memang kita sudah memberi sesuatu buat negara ini?? Kalo belum, ya jangan mengeluh. Itu sih prinsip gue dan gue merasa belum memberikan apapun buat negara ini.

Mengutip pernyataan mantan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy:
"Ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country"

Lisiani said...

Yuppe, bener sich dee. Gue kalo ditanya apa kontribusi gue selama ini ke negara? Blum banyak.. Selama ini gue cuman mencoba jadi warga negara yang baik aja..Berusaha mentaati peraturan yang berlaku kali yach hehe

Unknown said...

Hehe.. gue juga masih tergoda nyebrang jalan di sembarang tempat atau buang sampah sembarangan. Ternyata taat peraturan biasa gitu aja susah loh.. banyak godaannya :p